Ulas jujur dan gratis hari ini adalah produk yang krusial bagi pengapian dimotor matik, nah kejadian ini terjadi yang sebenarnya gak sengaja dan sebetulnya masalah ya gak disitu juga penyebabnya, karena kemarin motor kehujanan dan curah hujan kebetulan deras sekali, nah motor mandi gratis dan taunya setelah dipakai motor tiba-tiba mogok, disini saya dorong segala ini motor, gak lost kompresi tapi, setelah lepas busi langsung hidup ini motor....bisa jadi masalah dibusi, atau chop busi yang karetnya mang juga dah sobek, kemungkinan lain bisa kemasukan air.
Kecurigaan besar kemungkinan busi kotor, tinggal dibersihkan dikit kembali normal ini motor, nah daripada kejadian lagi, saya besoknya langsung meluncur ke beres Yamaha, dan sampe disana taunya busi yang biasa malah kosong gaes...adanya yang mahal, ya bahan busi terbuat dari platinum...dan bener aja, harganya 4 kali lipat, busi biasa cuman 10.000 rupiah saja ini dapat harga Rp.50.500,- bilangnya sih platinum emang lebih oke🤔 apa se oke itukah? Yaudahlah saya ambil ini busi, untuk busi buatan NGK G-POWER CR7HGP, sebenarnya ini busi buat motor balap ya, tapi ini malah buat motor harian, oke saya coba dulu, lagipula busi yang dulu juga masih layak pakai kok.... jadi spare gitu.
Berikut kelebihan dari busi Platinum NGK G-POWER CR7HGP :
1. Platinum adalah bahan logam yang tahan panas, jadi untuk mesin dengan kompresi tinggi/padat atau buat sering berpergian jauh kayak touring dengan main RPM tinggi busi ini cocok.
2. Disebut juga busi dingin karena cocok untuk motor dengan karakter mesin yang cepat panas, cocok untuk motor keluaran terbaru yang kompresi sudah diatas 10:1.
3. Bahan Platinum lebih murah daripada iridium, meski bahan platinum hanya diujung elektrodanya saja dengan ukuran 0,6-0,8 mm dan sisanya nikel.
4. Penghantar lentikan api lebih sempurna, sehingga power jadi meningkat.
Kekurangan busi platinum :
1. Kurang cocok buat motor harian, apalagi motor dengan kompresi rendah dan main rpm bawah, kalau pemakaian hanya kisaran dalam kota saja, malah motor jadi loyo dan tidak bertenaga.
2. Tidak bisa dibersihkan menggunakan amplas ataupun sikat pada ujung elektroda platinum busi, soalnya bisa hilang dan busi mati sama sekali jika dibersihkan kayak busi biasa.
Nah selama pemakaian sampai saat ini masih aman, belum nemuin gejala aneh, soalnya motor hanya dipakai buat harian aja dan jarang ngebut...semoga aman-aman aja ya gaes..
No comments:
Post a Comment