Saturday, February 4, 2023

Perhatikan ini dulu! sebelum bongkar sendiri CVT motor matikmu

Bagi pengalaman aja nih, disela kegabutan mimin, mimin membongkar sendiri CVT motor matik, nah disini ternyata yang perlu diperhatikan sebelum bongkar sendiri CVT ternyata ada yang perlu dipersiapkan sejak dini, daripada melakukan kerjaan kedua kalinya kayak mimin🤭.

Singkat cerita ingin bongkar karena cvt terasa mau ngerem gitu, karena perasaan ada yang mengganjal, mimin putuskan untuk bongkar sendiri, rencana sih mau bersihin aja....eh malah...😤, lebih jelasnya begini ceritanya..

Untuk kunci yang diperlukan adalah treker, gunanya mengganjal putaran pulley ketika baut mau dicopot, ini wajib punya ya selain kunci lainnya kayak kunci shock, obeng etc, kedua alat pembersih, biasanya pada pake bensin, tapi disini mimin pake carbon cleaner 😅...untuk kotoran kayak oli yang menempel pake carbon cleaner dijamin hilang, ada juga yang pakai air sabun, nah kalau ini mimin belum pernah coba....kalau dah ada yang sering cuci pakai sabun, silahkan komentar...

Nah untuk pencopotan kalau dah ada treker lumayan mudah ya, untuk tiap komponen silahkan diinget, supaya nanti pasangnya jangan sampai salah apalagi kebalik, nah disinilah yang buat mimin kerjain dua kali karena lupa kepasang komponennya kemarin 🤭. Kalau tidak, bisa download aplikasi diplaystore namanya Yamaha part katalog, disini ada part komponen dari jenis motor sampai part urutan komponen, dijamin tidak salah pasang jika ikuti pedomannya.


Ada urutan pasang tiap komponen sob


Untuk pulley depan bisa copot dengan mudah dan disini tinggal dibersihkan saja, masalahnya adalah mimin gak punya Grease alias gemuk, disini kerasa percuma dah copot pulley depan dan mimin akalin pakai minyak singer buat mesin jahit🤦🏻‍♂️, asli cara ini mimin gak saranin ya, sebelum bongkar CVT pastikan brader semua punya Grease dulu. Karena dirasa tidak maksimal jadinya secondary pulley gak mimin copot, cuman dibersihkan saja pakai carbon cleaner terus dilap.
Ternyata masalah gak hanya digrease, tapi kruk as juga ada yang kemakan, untuk ulir ada yang sedikit coak, kejadian ini diperparah karena lupa pasang perpak CVT kemarin, dan pas mau copot kipas pulley jadinya susah dicopot, nyangkut, padahal sebelumnya gampang banget copotnya...terus gimana cara copotnya?! Nah yang mimin lakukan adalah dengan cara menyetandarkan tengah dan posisi mur baut kipas dah copot, lanjut motor dihidupkan dan digas dikit-dikit sampai kipas pulley maju sendiri, tapi ingat, betot gasnya pelan-pelan aja, terus dicek apa kipas pulley dah mau copot belum, kalau digas terus bisa terbang tu kipas pulley 🤭...nah gara-gara lupa pasang perpak jadinya kruk as kemakan ya....tapi tidak masalah, jadi pelajaran kedepannya.

Bisa disimpulkan untuk pembongkaran CVT tergolong mudah, asal alat komplit dan pelengkap kayak Grease, bensin/ carbon cleaner. Untuk pemasangan supaya tidak kebalik, bisa cek diaplikasi Yamaha part katalog dijamin bisa selama pedoman  diikuti. Sekian ketikan dari mimin, semoga bermanfaat ya...

#cvt
#cvtmotormatik
#cvtmatikyamaha
#yamaha
#mioj
#soulgt











No comments:

Post a Comment