Perbedaan antara kelistrikan pada motor half wave (setengah gelombang) dan full wave (gelombang penuh) terletak pada cara pengaturan dan penggunaan arus listrik dalam sistem pengisian dan penyearahannya. Berikut adalah penjelasan singkat tentang kedua sistem tersebut:
1. Motor Half Wave:
- Pengaturan: Pada motor half wave, arus listrik dari generator diarahkan ke beban hanya dalam setengah siklus gelombang AC. Artinya, hanya setengah gelombang AC yang digunakan untuk mengisi baterai dan menyuplai daya ke sistem kelistrikan motor.
- Penyearah: Motor half wave menggunakan penyearah setengah gelombang (half wave rectifier) untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Penyearah ini hanya mengizinkan arus mengalir dalam satu arah selama setengah siklus gelombang AC, sedangkan pada setengah siklus lainnya, arus tidak teralir.
- Keuntungan: Sistem half wave sederhana dan murah dalam hal komponen yang dibutuhkan.
2. Motor Full Wave:
- Pengaturan: Pada motor full wave, arus listrik dari generator diarahkan ke beban dalam seluruh siklus gelombang AC. Artinya, seluruh gelombang AC digunakan untuk mengisi baterai dan menyuplai daya ke sistem kelistrikan motor.
- Penyearah: Motor full wave menggunakan penyearah gelombang penuh (full wave rectifier) untuk mengubah arus AC menjadi arus DC. Penyearah ini mengizinkan arus mengalir dalam satu arah sepanjang seluruh siklus gelombang AC, sehingga menghasilkan arus DC yang lebih stabil.
- Keuntungan: Sistem full wave menghasilkan arus DC yang lebih halus dan stabil, yang dapat memberikan daya yang lebih konsisten ke sistem kelistrikan motor.
Secara umum, motor full wave lebih efisien dan menghasilkan tegangan DC yang lebih stabil dibandingkan dengan motor half wave. Namun, motor half wave masih digunakan pada beberapa kendaraan atau sistem kelistrikan yang lebih sederhana karena kebutuhan komponen yang lebih sedikit dan biaya yang lebih rendah. Penting untuk memahami sistem kelistrikan yang digunakan pada motor Anda dan mengikuti rekomendasi produsen untuk perawatan dan penggantian komponen yang tepat.
Bagi teman-teman yang kelistrikan di motor masih halfwave bisa dirubah dengan mengganti regulator/ kiprok, misal motor Mio j yang kelistrikan masih halfwave bisa diganti dengan kiprok punyanya N-max, untuk kiprok dari bentuk dan soket pasti beda ya, jelas diakalin untuk pemasangan kiprok tersebut.
No comments:
Post a Comment