Oke disini mimin mau bahas tentang busi panas dan busi dingin, sebelumnya juga pernah mimin bahas diblog ini tapi kurang menjabarkan bab busi panas dan dingin ya, semoga penjelasan singkat ini bisa langsung ditangkap dan diserap buat brader semua. Berikut penjelasannya :
1. Apa sih busi panas itu? Busi panas itu, dalam proses pembuangan panas lebih lambat sedangkan busi yang proses pembuangan panas lebih cepat disebut busi dingin.
2. Bentuk fisik busi panas dengan busi dingin, untuk busi dingin insulatornya pendek, sedangkan busi panas sebaliknya. Perhatikan gambar dibawah ini :
Bisa juga dicek dari kodenya, semakin besar angkanya berarti semakin dingin, berikut penjabaran singkatnya....
Contoh :
CR6HSA lebih panas dibandingkan CR8HSA, semakin kecil angkanya semakin panas, semakin besar angkanya semakin dingin.
3. Busi panas digunakan buat motor 110cc sampai 125cc, sedangkan busi dingin buat motor 150cc keatas.
Pertanyaan?
1. Apakah boleh motor dengan cc 110 pakai busi dingin?
Jawaban:
Boleh, tapi kendalanya susah buat dinyalakan.
2. Apakah boleh motor dengan cc 150 keatas pakai busi panas?
Jawaban:
Tidak dianjurkan, karena heat rating turun, jadinya busi over heat dan bisa pecah insulatornya.
Oke penjabaran disini tergolong jelaskan?! Semoga penjelasan singkat ini bisa langsung dimengerti, dan gak galau lagi milih busi😁 semoga membantu ya sob.
#busi
#spark
#busipanas
#busidingin
#otomotif