Saturday, March 10, 2018

Lampu Indikator Motor Injeksimu Nyala Terus? Cek Bagian Ini Gan

Sekedar berbagi pengalaman, CMIIW...Kejadian sudah lama sih tapi baiknya saya bagi pengalaman ini, bermula dari rutinitas yang biasa saya lakukan ditiap Jumat sore yaitu mudik tiap minggunya dengan laju dari Semarang ke Yogyakarta PP....seperti biasa perjalanan saya lancar jaya dan sampai dengan tujuan dengan selamat nah untuk kejadian ini ada yang aneh di motor matik kesayangan saya...dimana motor matik saya menganut sistem injeksi dan disini lampu mil indikator saya menyala terus....waduh kenapa ini...


Karena gak ada pengalaman tentang injeksi jadi panas dingin nih diperjalanan sampai keringetan.....selama perjalanan lampu mil masih menyala, Setelah ketemu beres saya langsung mampir...tapi alangkah disayangkan..untuk bengkel mau tutup jadi motor tidak ditangani secara langsung, tapi setelah dicek lagi...dari pihak mekanik beres menyampaikan bahwa penyebab lampu indikator injeksi menyala karena kabel speedometer putus....terus saya tanyakan, apakah akan berpengaruh diperjalanan karena saya masih menempuh jarak 120 km lagi....jawab mekanik beres tidak apa-apa, asal setelah sampai dilokasi sesegera diganti ya....karena motor matik saya produksi dari Yamaha..disarankan ke beres Yamaha...yang saya pikirin kenapa matik injeksi honda jika kabel speedometer putus lampu mill tidak menyala ya.....beda ma injeksi matik Yamaha... oke ke esokan hari motor matik saya bawa ke beres Yamaha dan betul hanya ganti kabel speedometer langsung masalah teratasi....



oke setelah kesekian lama motor saya waras seperti biasanya buat melaju PP dari Semarang Yogyakarta, Yogyakarta Semarang...dan saya dapat pengalaman lagi nih...berselang lumayan lama dari kabel putusnya speedometer saya....disini lampu indikator injeksi nyala lagi...tapi nyalanya kadang-kadang...kadang nyala kadang tidak...biasanya sehabis starter tangan lampu mil nyala kedip habis itu mati lagi....dan kadang kedip sendiri....wah kenapa ini mamen....hmmm sepertinya saya bawa lagi ke beres nih....sekalian servis rutin dan ganti oli....setelah dicek ternyata aki soak....ya terpaksa ganti dah maklum pemakaian maksimal dan sudah 3 tahunnan....injeksi tergantung banget namanya ke listrik an....setelah diganti akinya motor normal lagi...tada.



Selama ini motor normal buat dihajar PP tiap minggunya, jangan lupa servis ganti oli yang rutin ya.....karena itu kuncinya.
Nah berselang waktu saya ada pengalaman lagi mamen untuk lampu indikator injeksi berkedip...anehnya kedipnya ga aturan kaya mati nyala....beda kaya pengalaman saya sebelumnya....setelah saya cek lagi ada yang janggal dispeedometer nya....kenapa? karena tiap saya gas jarum kaya endut-endutan, gak langsung narik....jika jarum diam tiap gas...injeksi nyala terus....jika jarum endut-endutan ketika digas lampu mil kedip - kedip....apakah kabel speedometer putus lagi? wah penasaran nih....oke kita bawa lagi ke beres terdekat....setelah dicek babang mekanik ternyata gearbox/gear speedometer bermasalah dan perlu diganti untuk kabel speedometer normal jaya....yup ganti part tersebut...motor normal lagi...hmmmm....



oke sampai sekarang motor normal dan tidak ketemu lampu mill nyala....ini pengalaman saya tentang motor injeksi dengan indikator lampu menyala....mungkin pengalaman saya ini bisa membantu nggeh

4 comments:

  1. Terimakasih banyak infonya... Berguna sekali

    ReplyDelete
  2. thank man pengalaman nya sangat berguna dan membantu se x lagi trima kasih

    ReplyDelete