Friday, June 23, 2023

Apa sih NPD itu? Sebahaya itukah?!

 NPD adalah singkatan dari Narcissistic Personality Disorder, yang dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai Gangguan Kepribadian Narsistik. Gangguan Kepribadian Narsistik adalah gangguan mental yang ditandai oleh pola perilaku yang berlebihan dalam kebutuhan akan perhatian dan pengakuan, keangkuhan yang berlebihan, kurangnya empati terhadap orang lain, dan pandangan yang berlebihan terhadap keunggulan diri sendiri.

Orang dengan NPD cenderung memiliki rasa superioritas yang tidak realistis dan seringkali menganggap diri mereka lebih penting daripada orang lain. Mereka mungkin merasa berhak mendapatkan perlakuan istimewa, membutuhkan pujian dan pengakuan terus-menerus, serta merasa tidak puas jika tidak menjadi pusat perhatian.

Pada umumnya, orang dengan NPD memiliki hubungan yang sulit dengan orang lain karena mereka sulit memahami atau peduli terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain. Mereka cenderung memanipulasi orang lain untuk memperoleh keuntungan pribadi dan seringkali kurang memiliki empati.

Diagnosis NPD harus dilakukan oleh profesional kesehatan mental berdasarkan kriteria yang tercantum dalam Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, DSM). Penting untuk diingat bahwa hanya seorang profesional yang dapat mendiagnosis seseorang dengan NPD berdasarkan evaluasi dan observasi yang tepat.

POV

Sekarang dari POV mimin mengenai NPD, sebenarnya hampir semua orang itu punya gejala namanya NPD, disini mimin lebih menyamakan dengan stres yang dimana orang pasti mengalami, cuman tingkatan atau levelnya yang berbeda-beda, jadi apakah berbahaya?! Lebih ke arah anoying atau mengganggu sih, terserah si korban disini masih mau berhubungan atau cut off sekalian, karena NPD pasti ada disekeliling kita bahkan di circle utama juga ada, pintar-pintar saja dalam menempatkan diri, kira-kira sudah mengganggu tinggal buat batasan dan jaga jarak, disini bisa menyelamatkan mental atau menempa mental pilihannya, semua tergantung personalnya...kalau dari pengalaman mimin, tidak semua kudu dicutoff, cukup disortir saja, bikin batasan, kalau memang sudah merusak kegiatan harian, bahkan sudah merusak masa depan (fake future) pantas untuk dicutoff, karena orang NPD itu tidak sadar akan dirinya dan tidak bisa disembuhkan....







No comments:

Post a Comment