Monday, March 26, 2018

Bagi Pengalaman Permasalahan di CVT Motor Matik Yamaha Soul-GT

Bagi Pengalaman Permasalahan di CVT Motor Matik Yamaha Soul-GT

1. Gejala Gredek-gredek dimotor matik
Hai brosis...oke saya mau bagi pengalaman bab motor matik yang pernah saya alami beserta pemecahannya. apakah itu? gredek-gredek sewaktu tarikan awal....kenapa ya? hmmm mungkin pernah terjadi dimotor matik brosis? kenapa ya...walaupun tidak mengganggu setelah perjalanan...tapi lumayan risih juga deh...
oke langsung saja..saya bagi pengalaman ini...hmmm seperti biasa saya bawa ke beres menyampaikan keluhan dan dibongkar tu cvt...setelah tunggu lama,  mekanik datang dan  memberitahu penyebab gejala itu :

1. Roller dah aus
2. Rumah roller kena

solusi ganti sparepart diatas dan CVT dibersihkan terlebih dahulu
setelah ganti part diatas, motor matik kesayangan normal kembali....


mungkin saran buat brosis untuk rutin melakukan pengecekan dibengkel resmi ya...problem diatas karena roller saya buat selang seling berat gramnya dengan punya x-ride dan punya soul-gt.....saran saya standarin aja...kalo mo aman-aman aja..


2. Pengalaman kedua saya,  begini masalah yang terjadi dimotor saya...ketika tarik gas atau tanjakan tiba-tiba terdengar suara seperti mobil ngepot.....parahnya sewaktu mau gas poll malah cvt bunyi dan motor malah mau mundur-mundur dan disertai suara karet tergesek seperti suara mobil atau motor rem mendadak ..weh motor matik kok ngepot....tapi suaranya saja...yang jelas suara muncul gara-gara karet bergesekan...hmmm...waktunya cek up ni motor....setelah dicek ini penjabarannya:

1. Sliding sheave
disini ditemukan coakan dibagian tertentu dan ini penyebab utamanya




Solusi CVT dibersihin dahulu, lanjut bagian sliding sheave nya diganti ya.....dan langsung motor normal jaya kembali..

Nah diatas adalah salah satu kendala yang selama ini saya alami dan saran saya jika merasa ada masalah segera saja dibawa ke beres dan dilakukan pengecekan rutin apalagi jika motor digunakan secara maksimal alias motor capek....sekian share pengalaman yang saya alami, mudah-mudahan bisa membantu...✋✋✋

Tuesday, March 20, 2018

Dapat Plat Putih dari Dealer? Jangan Langsung Pake Ya

Dapat Plat Putih dari Dealer? Apa Artinya?


Hai Brorsis sekarang saya mau mengulas tentang plat nomor, khususnya plat nomer dengan warna dasar putih tulisan merah. Dari pengalaman saya...plat putih saya dapat setelah membeli langsung dari dealer dengan cara pembayaran cash tempo...dan tidak melalui leasing manapun.....dan jujur saja, saya mau beli cash disuruh kredit ma dealer...hmmm....karena saya maunya cash saya sampaikan  ke dealer kalo tidak bisa cash ya gak jadi beli...aneh mau cash kok malah disuruh kredit....dan tanpa pusing-pusing saya tinggal nomer HP saja toh cari ke dealer lain juga bisa.
Akhirnya saya dapat sms dari pihak dealer bahwa pembelian cash bisa dilakukan dan untuk warna putih harus tunggu untuk indent.....waduh....terus saya balas kira-kira berapa lama? jawab 3 minggu....waduh....terus? kalau kelamaan saya mo cari ke dealer lainnya....jawabnya semua dealer juga kosong mas....hmmmm aneh banget...sempet mikir gak jadi klo gak pindah merk...eh...tiba-tiba selang berapa hari dapat sms untuk warna putih tersedia...aneh ya mamen....apakah ini strategis marketing? buat brosis yang mau cash tapi disuruh kredit,  alangkah baiknya dilakukan penekanan kepihak sales karena itu hak konsumen dan dilindungi...kalau perlu email ke pihak produsen resmi untuk ditegur...
panjang cerita motor datang ni mamen,
disini plat dapat putih warnanya tulisan merah. setahu saya dulu kalau dapat plat warna putih belinya cashπŸ˜€πŸ˜‚....ternyata bukan mamen.
mungkin brosis perlu tahu apa arti warna dasar putih plat nomer...disini kita ulas..
Ternyata plat nomer dasar putih merupakan satu warna yang tak ditetapkan dalam Peraturan ialah warna dasar Putih dengan tulisan Merah. Kendaraan menggunakan plat nomor ini hanya boleh digunakan dari pabrik ke dealer dan dari dealer ke rumah pembeli. dicatet ya mamen..dan yang boleh mengendarai kendaran dengan plat nomor putih tulisan merah, hanya pengemudi dari pabrik atau dealer. Mereka pun harus membawa Surat Tanda Coba Kendaraan (STCK) serta surat perintah dari pabrik atau dealer.
jadi jangan dipakai jauh-jauh kalau tercyduk gimana....tunggu plat hitam aja ya...πŸ˜€πŸ˜€ selama plat nomor, STNK, dan BPKB belum diterbitkan oleh Polisi, kendaraan tersebut belum boleh digunakan. Karena kendaraan dipandang belum diregistrasi oleh Polisi alias ilegal.
Jadi jangan mengendarainya sebelum plat nomor resmi keluar. Karena, jika ditilang maka kendaraan yang akan disita.brosis😨😨😨

Saturday, March 10, 2018

Lampu Indikator Motor Injeksimu Nyala Terus? Cek Bagian Ini Gan

Sekedar berbagi pengalaman, CMIIW...Kejadian sudah lama sih tapi baiknya saya bagi pengalaman ini, bermula dari rutinitas yang biasa saya lakukan ditiap Jumat sore yaitu mudik tiap minggunya dengan laju dari Semarang ke Yogyakarta PP....seperti biasa perjalanan saya lancar jaya dan sampai dengan tujuan dengan selamat nah untuk kejadian ini ada yang aneh di motor matik kesayangan saya...dimana motor matik saya menganut sistem injeksi dan disini lampu mil indikator saya menyala terus....waduh kenapa ini...


Karena gak ada pengalaman tentang injeksi jadi panas dingin nih diperjalanan sampai keringetan.....selama perjalanan lampu mil masih menyala, Setelah ketemu beres saya langsung mampir...tapi alangkah disayangkan..untuk bengkel mau tutup jadi motor tidak ditangani secara langsung, tapi setelah dicek lagi...dari pihak mekanik beres menyampaikan bahwa penyebab lampu indikator injeksi menyala karena kabel speedometer putus....terus saya tanyakan, apakah akan berpengaruh diperjalanan karena saya masih menempuh jarak 120 km lagi....jawab mekanik beres tidak apa-apa, asal setelah sampai dilokasi sesegera diganti ya....karena motor matik saya produksi dari Yamaha..disarankan ke beres Yamaha...yang saya pikirin kenapa matik injeksi honda jika kabel speedometer putus lampu mill tidak menyala ya.....beda ma injeksi matik Yamaha... oke ke esokan hari motor matik saya bawa ke beres Yamaha dan betul hanya ganti kabel speedometer langsung masalah teratasi....



oke setelah kesekian lama motor saya waras seperti biasanya buat melaju PP dari Semarang Yogyakarta, Yogyakarta Semarang...dan saya dapat pengalaman lagi nih...berselang lumayan lama dari kabel putusnya speedometer saya....disini lampu indikator injeksi nyala lagi...tapi nyalanya kadang-kadang...kadang nyala kadang tidak...biasanya sehabis starter tangan lampu mil nyala kedip habis itu mati lagi....dan kadang kedip sendiri....wah kenapa ini mamen....hmmm sepertinya saya bawa lagi ke beres nih....sekalian servis rutin dan ganti oli....setelah dicek ternyata aki soak....ya terpaksa ganti dah maklum pemakaian maksimal dan sudah 3 tahunnan....injeksi tergantung banget namanya ke listrik an....setelah diganti akinya motor normal lagi...tada.



Selama ini motor normal buat dihajar PP tiap minggunya, jangan lupa servis ganti oli yang rutin ya.....karena itu kuncinya.
Nah berselang waktu saya ada pengalaman lagi mamen untuk lampu indikator injeksi berkedip...anehnya kedipnya ga aturan kaya mati nyala....beda kaya pengalaman saya sebelumnya....setelah saya cek lagi ada yang janggal dispeedometer nya....kenapa? karena tiap saya gas jarum kaya endut-endutan, gak langsung narik....jika jarum diam tiap gas...injeksi nyala terus....jika jarum endut-endutan ketika digas lampu mil kedip - kedip....apakah kabel speedometer putus lagi? wah penasaran nih....oke kita bawa lagi ke beres terdekat....setelah dicek babang mekanik ternyata gearbox/gear speedometer bermasalah dan perlu diganti untuk kabel speedometer normal jaya....yup ganti part tersebut...motor normal lagi...hmmmm....



oke sampai sekarang motor normal dan tidak ketemu lampu mill nyala....ini pengalaman saya tentang motor injeksi dengan indikator lampu menyala....mungkin pengalaman saya ini bisa membantu nggeh