Tuesday, May 9, 2023

Ganti panel saklar lampu Mio sporty pakai merek "KNZ" murah tapi kualitas Oke gaes

 Oke masbro, selamat datang diblog ini, mimin mau bagi pengalaman lagi nih....dan semoga pengalaman ini sangatlah berguna buat para brader sister semuanya....semoga Ya 😅....

Pembahasan yang mau mimin bagi adalah merek KW khususnya buat sparepart motor, mungkin merek ini menjadi salah satu pilihan sobat otomotif semua kalau ada rencana mau ganti sparepart motor, nah untuk part yang mimin ganti adalah panel saklar punya Mio smile atau sporty, kebetulan saklar kiri dah burik terus parahnya lampu sein gak mau nyala, padahal udah mimin semprot pakai karbon cleaner segala 🤦🏻‍♂️....nah daripada ribet mimin beli aja nih, dan untuk harga ternyata sangat murah, kisaran harga mulai dari 30 sampai 50.000 rupiah, nah disini mimin beli secara offline dan kena diharga 45.000 an, kalau mau beli online dengan merek sama "KNZ" malah bisa kena harga 35 an loh... Untuk penampakannya seperti ini sob :



Untuk merek terpampang jelas "KNZ" dan buatan China ya gaes, emang China kalo buat bisa tiru dan jual dengan harga murah dan kualitas oke pula, kalo brader sister punya budget lebih sih bisa beli yang ori sih, untuk harga bisa cek dibawah ini beserta pajaknya :

Panel kiri dijual 128.000 😅

Untuk harga panel saklar tembus di 128.000 rupiah termasuk pajak, harga tersebut diambil dari parts katalog Yamaha resmi ya, nah sekarang tinggal pilih saja mau beli ORI atau kw tapi kualitas OK....

Untuk pembahasan ini juga mimin upload di YouTube nih:








Friday, May 5, 2023

Ulas singkat OXVA XLIM SQ GOLD BLUE

Skuy ulas singkat buat ngebul OXVA XLIM warna gold blue, bagi brader sister semua yang rencana beli bisa cek ketikan Mimin berikut ini ya 😁, untuk video unboxing bisa cek langsung link video YouTube mimin dibawah ini :



Dari box OXVA XLIM SQ ada beberapa deskripsi antara lain:

1x XLIM SQ device (900mAh)
1x XLIM Catridge V2 0,6 ohm (sudah terpasang)
1x XLIM Catridge V2 0,8 ohm
1x Kabel Type C
1x Lanyard/ tali
1x buku petunjuk


Di sisi box untuk catridge ada 2 jenis :
0,6 ohm buat liquid freebase
0,8 ohm buat liquid saltnic


Air flow control
Anti leaking
900mAh (baterai tanam)


Cara pakai :

1. Catridge setelah diisi liquid jangan langsung dipakai, tapi tunggu 5 sampai 8 menit kalau langsung dipuff koil bisa gosong.

2. Air flow/ aliran udara bisa diatur sendiri sesuai kemauan.

3. LED indikator

Pod dimasukan ke perangkat lampu LED akan menyala putih.

Baterai lemah lampu berkedip merah 10x saat menghisap

Baterai dibawah 30% lampu merah saat menghisap

Tingkat baterai 30%-65% cahaya biru saat menghisap

Tingkat baterai 65%-100% cahaya hijau saat menghisap

Mengisi daya lampu "hisap" dengan level warna baterai

Indikator sirkuit terbuka  lampu biru berkedip 3 kali (saat menarik napas)

Indikator hubung singkat lampu merah berkedip 3 kali (saat menarik napas)

Harga dan tempat beli kemarin(bukan endorse ya🤭)











Sunday, April 30, 2023

Penanganan sementara starter motor matik matot | Mio J series

 Bagi pengalaman untuk brader dan sister semua, kalian harus tau nih! Semoga ketikan mimin ini bisa membantu dan beri manfaat meski dikatakan gak sempurna ya, setidaknya sedikit bisa mengurangi masalah kalian semua. Oke bicara masalah yang terjadi, sesuai judul yak 🤭 stater tangan motor matik tiba-tiba mati total, khususnya motor Mio j series dkk, nah kejadian ini sedikit mengganggu, karena jika starter tangan motor matik mau gak mau kudu standarin tengah.....asli ini ribet amat, beda ma motor bebek atau cowok....itu kalo masih diberi kick starter ya🤣...

Singkat cerita setelah Mimin bongkar ditemukan :

1. Starter tangan mati, setelah dicek ternyata arus listrik tidak ada dikabel starter, sudah dilakukan pen jumperan langsung tidak bisa.

2. Bagian tuas rem kanan ada arus, setelah ditekan tuas remnya, lampu belakang merah menyala diindikasikan normal atau ada arus listriknya.

3. Bagian soket bendik setelah dijumper dinamo bisa menyala setelah kunci kontak di on kan, diindikasikan dinamo normal.

Dari 3 pemeriksaan diatas bisa jadi dari kabel, soket, sekring atau bendik.

Ujicoba dilanjutkan dengan alat seadanya, disini mimin cuman modal jumper aja, gak punya voltmeter ataupun tespen.

Diindikasikan bisa bendik, setelah bendik diganti dengan bendik motor lain ternyata motor tidak menyala juga. Karena ribet urutin kabel pada akhirnya Mimin baypas saja kabel yang berwana biru list putih dengan menggunakan kabel, disini cukup pakai kabel 20 cm panjangnya, dan diselipkan disoket yang berkabel biru list putih. Kenapa kabel biru list putih?! Karena arus gak ada ya sob, sudah jelas penjabaran diatas, nah setelah diselipkan untuk ujungnya disambungkan saja ke masa, disini mimin ambil masa dari aki  yang kutub negatif ya sob. Setelah kontak di onkan dan distarter ternyata mesin menyala.

Nah ternyata ada tapinya ini sob, untuk menyalakannya bukan dari tombol starter melainkan dari tuas rem kanan.....alamak. untuk atasin masalah tersebut Mimin rubah pengabelan tuas rem kanan menjadi starter, terus lampu rem gak nyala dong kalau tuas ditekan?! Tepat sekali gak nyala merah kalau ditekan, tapi bisa pakai tuas yang kiri kan. 


Tuas rem kanan jadi tombol starter


Nah dari pengalaman Mimin tersebut masalah starter tangan bisa diatasi dan memang ada sedikit perubahan, setidaknya gak perlu standar tengah sih, ribet asli, nah cara ini buat sementara kalau sudah ada rejeki dan waktu tinggal bawa aja ke bengkel buat dinormalkan kembali.

Sekian dulu penjelasan dari Mimin mengatasi tombol starter matot semoga bisa membantu sobat semuanya, bisa cek langsung divideo Mimin berikut ini juga :