Yep kali ini mimin mau bahas per spring jok motor, kegunaan per ini supaya jok motor bisa otomatis terbuka, saat kita buka lewat kunci kontak atau kunci jok, nah sebelumnya mimin juga pernah pakai alat yang serupa tapi beda jenis, fungsinya juga sama-sama untuk buat jok motor otomatis terbuka sendiri, jadi gak perlu pegangin jok segala sekarang, simple sih, tapi wothed sekali menurut mimin, nah yang sebelumnya mimin pakai huben hidrolik buat angkat jok motor, dari fungsinya sama yang seperti disebutkan diatas, terus apa bedanya?! Disini mimin coba hal baru saja sih, kelebihan huben hidrolik jok motor adalah dari bentuknya asli keren kayak sok motor, sistem pegas dengan menggunakan sulingan tabung, untuk bentuk kurang lebihnya demikian mirip shock depan motor, nilai estetika juga lebih masuk, karena terlihat keren dan cakep jika dipasang, kayak motor kekinian gitu, lebih moderen tepatnya, itu dari sisi kelebihan, lanjut dari kekurangan apa?! Nah disini mimin bahas, kekurangan adalah perlu bolong buat skrup buat dudukan hidrolik baik dari penumpu atas maupu bawah, dipasitkan jok bolong bagian baknya, yang kedua adalah menambah spare di bak jok, kadang ketika ditutup tiba-tiba bunyi jedak karena ada yang nyangkut karena kena jas hujan, overall sih oke, dan asli Huben hidrolik jok motor ini lebih murah ya dibandingkan per spring jok motor.
Lanjut ke inti pembahasan adalah per spring jok motor, untuk bentuk gak ada estetika sama sekali bahkan setelah dipasang gak keliatan banget, beda dengan huben hidrolik yang estetika baget, terus anehnya harganya kok lebih mahal, padahal cuman per pegas gitu, harganya malah 2 kali lipat dari harga huben hidrolik, untuk harga kemarin mimin kena harga 27 ribuan belum termasuk ongkir. Nah singkat cerita setelah paket datang langsung mimin pasang dan setelah melepas jok motor ternyata ada beberapa temuan, berikut temuan antar lainnya:
1. As jok motor sulit banget dipasang kembali setelah per jok dipasang, bisa tapi dipaksa, daripada patah mimin akalin dengan mengganti as jok motor dengan sekrup panjang yang ukurannya kurang lebih hampir sama dengan as jok motor sebelumnya, bahkan supaya sama sekrup mimin potong beberapa senti.
2. Setelah dipasang dan dicoba, ternyata pir jok motor tidak mengangkat dengan sempurna, bahkan cuman 5 cm saja, seharusnya jok terangkat sampai terbuka keatas, cara akalin biar jok motor terbuka dengan sempurna adalah, dengan mengganjel bagian bawah, disini mimin pakai plat bolong universal dan beberapa mur baut buat kuncian, setelah dicoba lumayan terbuka meski gak sampai terangkat sempurna, lumayan 75% terangkatlah.
Oke disimpulkan bahwa per jok motor universal tidak PNP disemua motor ya, kudu diakalin dulu, bagi temen-temen yang penasaran bisa cek video shorts Mimin dibawah ini ya sob:
Untuk video panjang belum mimin upload next baru mimin upload 😁.