Dikesempatan ini saya mau mengulas lampu LED buat motor yang pada umumnya dipakai untuk motor berarus DC, nah disini malah bisa digunakan dikedua arus masbro, yep bisa AC dan DC, penasaran untuk produknya, kuy langsung saja saya perkenalkan lampu depan motor LED tersebut :
Bisa dilihat difoto, produk tersebut bernama Rayton RTD M11 series, untuk deskripsi produk akan saya jabarkan disini :
Item No :
M11W
Arus :
AC dan DC
Voltase :
9-85V
Warna lampu:
Kuning-putih, putih-putih
Untuk harga bisa cek langsung di toko online kesayangan anda, harga kompetitif, tapi disini saya kena harga Rp.52.800 mungkin masbro bisa dapat lebih murah atau sebaliknya, tergantung huntingnya π , harga diatas belum termasuk ongkir, tapi karena kemarin dapat promo gratis ongkir jadinya hanya kena 1.000 rupiah saja, untuk biaya ATM karena proses pembayaran via transfer ATM.
Setelah paket datang, langsung pemasangan, disini pemasangan lampu bisa dilakukan sendiri, karena tergolong mudah dan gak mungkin terbalik, lanjut tes lampu dan kemarin membeli yang warna sorot kuning-putih, dan setelah dicek ternyata sesuai dengan pembelian, warna kuning jarak jauh dan putih jarak dekat. Lanjut untuk pengetesan langsung dicoba dimalam hari, apakah terang atau tidaknya, dan setelah dicoba, ini hasilnya :
Putih jarak dekat, kuning jarak jauh
Dari hasilnya sedikit mengecewakan masbro, ternyata lampu tidak terang amat, apalagi untuk jarak jauh lampu warna kuning, kurang terang malah cenderung redup beda dengan warna putih yang jarak dekat, lebih terang untuk warna ini, mungkin jika beli yang warna putih-putih bisa lebih baik daripada yang kuning π₯, pantes untuk Watt lampu tidak dicantumkan di bungkusnya, apa wattnya cuman 5 Watt ya?! Ya kalau menurut saya untuk lampu LED dengan harga segini sih emang sesuai, jadi wajarlah. Oke sekian dulu untuk review jujurnya, jangan kapok mampir ke blog ini ya masbro mbaksis π π.
Untuk lebih jelasnya bisa cek video YouTube ini masbro :
Menolak tua dan punah, masuk 9 tahun motor ane ini masih mau ane eksplor, makin tua bukannya makin punah tapi makin menjadi, bersantan pula ππ, yep masih bahas si Soul-GT 113cc, bagi yang masih pelihara ini motor ya kita masih bisa bagi-bagi pengalaman dan cerita, suka duka make ini kendaraan meski sudah banyak motor yang lebih ganteng berkeliaran diluar sana. Oke tanpa basa-basi, dikesempatan ini ane mau bahas tentang winglet motor si raja baru dari raja sebelumnya, yaitu Jupiter MX-King, tapi yang ane bahas bukan motornya, tapi winglet nya ya π€‘ππ eits winglet?! Emang apanya lagi?! Disini rencana ana mau pasang ini winglet si raja MX ke Soul-GT ane, padahal sebelumnya sudah pernah bahas winglet tapi khusus buat Soul-GT, nah disini ane ganti ma ini winglet punya MX-King.
Pertama ane hunting winglet MX-King ke toko online, dari perbandingan harga dan perang promo, akhirnya ane jatuhkan pilihan ke si wortel dibanding si ijo, alasannya cuman satu, ya dapat promo menarik, biasalah gratis ongkir, dan disini ane pilih ini toko, dan kebetulan tokonya satu daerah yaitu tepatnya di Bantul Yogyakarta, berikut screenshoot tokonya, ane tampilin ya.
Disini harga Rp.42.500,- dan karena gratis ongkir, ane cuman kena biaya transfer ATM saja, dan total harga jadinya kena Rp.43.500,- wah murah banget, cuman kena seribu rupiah saja, tapi jika temen-temen mau cari lagi ternyata masih ada yang lebih murah lagi dari toko diatas, ada yang jual harga 39.000,- malah, tergantung sih kalau mau cari lebih sabar lagi, tapi gak masalah kok, cuman selisih berapa ribu saja, yang penting Abang senang π. Oke lanjut ane boyong dan tunggu sampai kiriman paket datang.
Setelah paket datang, dan proses unboxing, setelah dicek ternyata barang tergolong ringan, padahal bahan terbuat dari fiberglass, mungkin tipis jadinya ringan, tapi dengan harga tersebut ya wajarlah, untuk kerajinan dan kerapihan lumayanlah, tapi ada bagian winglet yang menurut ane agak kurang presisi seperti bagian tertentu, tapi gak gitu kelihatan kok. Karena barang tergolong ringan jadinya ane putuskan pemasangan cukup gunakan binder clip saja, yang sebelumnya mau pakai braket atau plat bolong, karena alesan ribet jadinya cukup pakai binder clip dan ditambah pakai double tape spon.
Binder clip & double tape foam
Supaya pengerjaan mudah, ane saranin kerodong depan dicopot aja, dan biar bisa set winglet secara pas, tau sendiri kan ini winglet punya MX-King, jadi kudu akalin pemasangan nya, untuk lebih jelasnya bisa lihat foto dibawah ini:
Diset dulu supaya pas, kalau sudah lanjut pemasangan double tape dibagian bawah kerodong depan bawah lampu, berikut penampakannya :
Double tape spon ditempel dibagian bawah
Double tape dipasang seperti gambar diatas, terus ditempel atau ditimpa dengan winglet langsung kalau sudah presisi ya
Nah disini sebagai penggantinya braket, digunakan binder clip, untuk ukuran disesuaikan saja, bisa kecil sedang maupun besar, kalau ane pake 4 soalnya Nemu binder clip cuman segituπ, kalau ada 5 lebih baik, tujuan binder clip ini untuk mengikat antara winglet dan bagian kerodong bawah supaya tidak gampang copot atau oblak, jadi dudukan asli winglet gak dipakai. Jika sudah tinggal dirapikan saja seperti foto dibawah ini:
Kalau sudah Ok, tinggal pasang kembali kerodong depan, dijamin cara diatas aman dan kuat pastinya, karena winglet terbilang cukup ringan, jadi gak usah khawatir copot ya, dan berikut hasilnya setelah Dipasang :
Bagaimana?! Tambah keren bukan? Jika mau lebih jelasnya bisa cek divideo ane berikut ini, selamat markicob π
Pasang spakbor depan trail di Yamaha Soul-GT 113cc?! Sudah banyak kok yang pasang, tapi disini ane mau buktikan sendiri, dengan nemplokin spakbor motor trail di Soul-GT ane, yang penasaran bisa baca ketikan ane ini langsung ya.
Pertama siapkan dulu spakbor depan trailnya, terserah mau baru atau bekas, disini ane dapat bekas, maklum copotan dari motor lain dan ane nemu ini spakbor di gudang, jadi nganggur ni spakbor, daripada mubadzir gak kepake π. Untuk spakbor trail yang ane pake tepatnya seri YZ85, untuk lebih jelasnya bisa dicari di Google atau di toko online, banyak yang jual macamnya, tapi disini dapat spakbor seri YZ85, maklum copotan, bekas lagi, udah lecet bolong dan dah ada bagian yang udah kepotong, tapi No problemo.
Yang kedua, siapin plat bolong universal dan mur baut, disini wajib hukumnya punya, kalo gak ada ya beli duluπ.
Yang ketiga tinggal eksekusi aja, jangan lupa siapin alat-alat buat motong kayak gergaji, kunci L, kunci pas buat copot ban depan, kunci shock buat copot spakbor lama.
Kalau ban depan udah copot dan spakbor asli juga, tinggal set spakbor trail di kolong shock depan, dari hasil ukur dan bongkar pasang spakbor trail, ini hasilnya spakbor depan trail sudah terbentuk, lihat foto dibawah ini :
Ada bagian spakbor yang dicoak dan dipotong, untuk bracket bolong bisa disesuaikan seperti foto dibawah ini, tinggal tiru aja :
Tampak samping kanan kiri
Tampak depan belakang
Kurang lebih pemasangan seperti foto diatas dari pasang plat ke spakbor trail
Untuk pemasangan terbilang ribet, karena sisa ruang untuk kencangkan baut nya
Berikut setelah terpasang di motor
Setelah terpasang, ternyata lumayan ya, tapi disini ane kurang gitu sreg, kenapa?!
1. Ternyata spakbor kepanjangan, kurang pas dengan ban ring 14 yang terlalu kecil menurut ane, bagusnya diganti ban yang lebih besar kayak ring 17 milik motor bebek.
2. Shock depan juga kependekan, jadi spakbor kayak gedebog pisang nutupi ban depan, saran shock juga ditinggikan, jadi lebih menarik lagi kalo dilihat.
Oke untuk pemasangan dibilang berhasil, tapi sayang kurang maksimal menurut ane, sekian dulu bahasan spakbor trail, jika tertarik silahkan dicoba sendiri, jangan lupa mampir ke channel YouTube ane dengan pembahasan yang serupa, berikut link videonya :