Saturday, December 9, 2023

Siapakah malaikat Metatron

 Metatron adalah sebuah figur yang cukup misterius dan menarik dalam beberapa tradisi agama dan spiritual. Meskipun tidak disebutkan secara langsung dalam Alkitab, Metatron sering muncul dalam teks-teks apokrif dan mistis, seperti dalam Kabbalah dan literatur rabinik.

Dalam banyak tradisi, Metatron dianggap sebagai salah satu malaikat tertinggi, bahkan kadang-kadang digambarkan sebagai malaikat yang paling dekat dengan Tuhan. Dia sering digambarkan sebagai penjaga takhta ilahi dan sebagai penulis catatan kehidupan manusia.

Menariknya, ada beberapa cerita yang mengatakan bahwa Metatron sebenarnya adalah Enoch, seorang tokoh Alkitab, yang diangkat menjadi malaikat. Ini adalah konsep yang cukup unik, karena biasanya malaikat tidak digambarkan sebagai manusia yang menjadi malaikat.


Malaikat Metatron adalah salah satu malaikat agung dalam tradisi agama Yahudi. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri Malaikat Metatron:

1. Pangeran Seraphim: Metatron dianggap sebagai pangeran dari Seraphim, salah satu kategori malaikat yang memiliki tingkatan tertinggi dalam hierarki malaikat.

2. Koordinator Malaikat: Metatron berperan sebagai koordinator dari semua malaikat dalam kategori Seraphim. Dia menjadi tempat manusia meminta bantuan selama doa-doa mereka.

3. Pembawa Pesan: Metatron dipandang sebagai pembawa pesan dan bertugas membawa perintah yang diberikan Tuhan kepada malaikat lain seperti Jibril dan Raphael.

4. Penyelia: Metatron adalah malaikat yang berkuasa dan menjadi penyelia bagi malaikat dan malaikat agung lainnya. Namun, dia tidak terlibat secara langsung dengan isu-isu manusia.

5. Simbol Kubus: Metatron sering dikaitkan dengan simbol kubus. Simbol ini melambangkan kekuatan dan kebijaksanaan yang dimiliki Metatron.

Namun, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, interpretasi tentang Metatron bisa sangat berbeda tergantung pada tradisi dan keyakinan masing-masing.

No comments:

Post a Comment