Monday, August 6, 2018

Pentingnya Manajemen Ban di Motogp 2018 | Setengah Musim

Gimana mamen setelah menonton Motogp Brno di Ceko? dah tahu kan siapa yang menang? sudah masuk setengah musim dan dikejutkan dengan come backnya duo Ducati.
Killer instinct muncul dari rider 99 Jorge lorenzo, tahu sendirikan cara mengendarai rider ini? textbook banget, posisi menentukan prestasi, start dari awal, start yang sempurna, meluncur paling depan dan meninggalkan lawan dibelakang dan mempertahankan posisi tersebut.
bicara mempertahankan posisi pasti tidak mudah dong? apalagi sudah diposisi pertama, pasti dirusuhin...inget tujuan mereka semua para rider adalah menang!
apalagi dibelakang ada Marc, Rossi, Dovi mereka unggulan ditim raja dan ambisi serta killer instinct nya jangan ditanya lagi.


kembali mempertahankan posisi tentunya berkaitan pula dengan performa mesin, ban dan konsisten si rider yang tidak melakukan kesalahan sedikitpun...diluar itu tentunya faktor X.
selama perjalanan motogp, cara membalap JL 99 yang mudah ditebak dan monoton gitu-gitu aja, nah di gp ceko minggu kemarin JL berikan kejutan mamen, killer instinct tiba-tiba muncul disisa 4 lap terakhir....tahu sendirikan si kalem JL, tiba-tiba agresif sekali dan bukan karakter juga dari motor ducati...wah...saya acungi jempol untuk JL meski berakhir diposisi runner up.
Jika ditelisik ternyata hasil wawancara terakhir adalah dari pemilihan ban dan timing yang tepat kapan ngepush lawan.
tentunya hal ini dilakukan juga oleh mm 93 sebelumnya, ...yup manajemen ban. untuk mm 93 pasti lebih bijak untuk memanage ban biar masih dapat gripnya sampai waktu terakhir balapan, tentunya untuk save point motogp ditahun ini. masih sangat fresh sampai ban marques adalah ban ajaib atau ban gaib 😀😁😂...
seyogyanya para rider mencontoh yang dilakukan mm 93, setidaknya sudah aman kumpulin point dulu diawal musim race.
Jika masalah ban, kalo mau cari aman kenapa gak pilih medium aja...kalo tidak yang hard sekalian biar tidak cepat habis gripnya....hehehe..btw pilih ban kayak pilih sikat gigi, ada yang soft, medium dan hard


anehnya meskipun rider sudah pengalaman sekalipun juga masih susah tentuin pemilihan ban dan ujungnya bannya yang disalahin....apa mau diganti ban kereta sekalian?😀😁😂
Dari bahasan diatas tentunya motogp 2018 lebih menarik meski point dah terlampau jauh dari mm 93...jadi gak sabar tunggu musim depan JL 99 satu seragam dengan mm 93, jadi makin panas moto gp.
Sebelumnya standing A plus buat Dovi dan Rossi di Gp brno di ceko tengah musim 2018, Dovi berhasil menjuarai dan Rossi diposisi 4 👏👏👏

Sumber gambar:
https://m.brilio.net/ilmiah/7-anggapan-tentang-gigi-ini-sering-dipercaya-padahal-salah-170511m.html
www.klikfisika.com/2016/09/perbedaan-ban-basah-dan-kering-pada.html?m=1













Sunday, July 29, 2018

Buat Gerinda Datar dari Hardisk Bekas

Punya hardisk nganggur? jangan dibuang mamen, ternyata bisa digunakan lebih berguna lagi. Di rumah punya pc jadul pentium 4 ya nasibnya dah terbengkalai nanggrok, beberapa part udah gak berfungsi maksimal mamen dari vga dah artefak, cd-room dah gak mau baca dan hardisk juga bermasalah nampaknya. Dari beberapa part di atas, saya mau ambil bagian hardisk dan rencana mau bongkar dan merubahnya menjadi gerinda datar, sebelumnya pernah bongkar juga tapi dulu hardisk betul-betul mati...jadi cuman ambil bagian yang bisa dipakai seperti dinamonya dan yang terpenting magnet neodiumnya...konon magnet hardisk sangat kuat daya tariknya.
Oke lanjut ke PC jadul nih, hardisk dah ditangan tinggal bongkar. Untuk copot hardisk bongkar bagian atas dengan obeng mata bintang daud, setelah baut copot semua congkel bagian atas dengan obeng minus. Setelah terbuka dites dulu dengan mengetes hardisk berputar tidaknya dengan power supply pc, inget dibypas dengan dibuat jumpernya. Jika berputar berarti hardisk masih normal.
Setelah pengetesan, tinggal copot bagian yang tak terpakai seperti jarum hardisk, magnet neodiumnya. Penampakan seperti gambar dibawah ini :



sudah copot bagian tadi, tinggal copot piringan disk. Nah disini disk kita tempel double tape kemudian amplas ditempelkan dan dipotong serta dilubangi sesuai bentuk disknya. kalau sudah dipasang kembali dengan posisi amplas diatas dan kencangkan bautnya, nah dengan ini gerinda datar bisa digunakan.





Link Youtube Gerinda datar dari hardisk bekas:
Gerinda dari hardisk bekas

untuk amplas bisa diganti dari yang paling halus sampai kasar, kegunaan gerinda datar ini bisa menghaluskan atau menipiskan.














Thursday, July 26, 2018

Pasang Visor Ninja 250 FI di Soul-GT

Pasang Visor lagi? Apa? Kan kemarin dah pasang kok ganti lagi? Tenang mamen disini saya mo coba pakai Visor atau windshield tipe lainnya, yang jelas sama-sama punya Ninja tapi yang ini versi FI atau injeksinya, tenang cuman visor aja....semata-mata hanya berfungsi sebagai pemanis atau garnish aja.
Oke langsung saja, sebenernya visor ini dah lama nanggrok kurang lebih 1 bulanan, tepatnya dulu beli pas bulan puasa dan baru sekarang masangnya.




Jika dilihat dari ukurannya memang lebih besar dari yang sebelumnya, tapi setelah dicoba ya memang agak besar...yang jadi masalah kabel gas kena visor,  terpaksa stang dirubah supaya kabel gas gak kena nih. Lanjut dicopot bagian cover atas, nah disini siapkan bracket universal atau plat bolong, mur baut 4 biji, ring 8 buah. Untuk bracket cukup pake 1 biji dan dipotong jadi 2 bagian, setelah itu dipasang di visor sambil dipasin lanjut mur baut dipasang. Bracket tadi dibengkokkan mamen mengikuti bentuk tameng ato cover atas.



Setelah dipasang visor ada yang nongol bagian visornya, kalau mau rapih bisa dipotong mamen. Berikut penampakan setelah dipasang di tameng atas soul-gt






Bisa dilihat juga di chanel You tube saya :

Update


Windshield dengan perubahan spion :