Mau berbagi pengalaman lagi ni brosist, untuk kesempatan kali ini saya mau bahas belanja di toko otomotif khususnya spareparts motor, untuk parts yang saya beli adalah mika lampu depan Yamaha Soul-GT saya, karena diartikel sebelumnya sudah upload cara modifikasi lampu reflektor Soul-GT, nah ini justru kilas baliknya sebelum modifikasi ringan saya jadi. Garis besarnya disini adalah perbandingan ketika kita kembali ke awal mula kita belanja langsung ke penjual tanpa melalui toko online, dan setelah selang beberapa tahun saya baru rasakan kejadian yang sangat disayangkan disini.
Untuk tempat belanja saya beli daerah Jejeran Pleret Bantul Yogyakarta, disitu banyak sekali lapak penjual spareparts motor dari bekas dan baru, sudah lama sekali saya tidak menapaki daerah tersebut, karena sekarang kalau mau beli kebiasaan online masbro....jadi nyandu dan keasikan sehingga melupakan lapak-lapak saudara kita yang jual langsung ketemu antara penjual dan pembeli seperti halnya pasar tradisional, tujuan saya untuk berbagi rejeki, malah saya dapat perlakuan kurang nyaman dari oknum penjual tertentu, disini saya sebut oknum penjual ya... berarti tidak semua disama ratakan. Dan saya mulai cerita sesungguhnya....no edit no sensor gaes....
Jarak saya tempuh lumayan dari tempat saya tinggal, lebih dekat dari pada beli yang ada di kota Yogyakarta, sesampainya disana saya langsung pilih toko yang mau saya beli, kebetulan setelah saya tiba, barang yang saya cari langsung ada, penjualnya ibu-ibu setengah baya, beliau langsung menyapa, mau cari apa mas? Saya: mau cari mika lampu depan Soul-GT Bu...sambil menunjuk motor saya, ibu : ada mas, Soul gt toh!...saya: berapa Bu? Ibu: 90 mas, saya: gak bisa kurang Bu? Pasnya berapa? Ibu: sudah pas mas, saya: kurang dikit lah Bu, 80.000 boleh, ibu: gak bathi no mas, saya: ya udah Bu, saya cari dulu....ya, saya langsung beranjak dari tempat tersebut, setelah muter-muter ternyata barang banyak yang kosong, terpaksa saya kembali ketempat awal ibu-ibu tadi, sesampainya disana beliau baru melayani pembeli, yang nampaknya beli banyak sampai berkerdus besar, anehnya setelah melayani ibu tadi malah tidak ramah, kayak cuekin gitu, terus saya nyeletuk : dah Bu pasnya berapa, ibunya: sambil muka judes, udah pas mas....buktinya nyari kemana gak ketemu toh.....saya: eh busyet dalam hati, ni orang galak bener. Saya jawab: biasanya saya beli online sih Bu, lumayan dapat harga miring, ibunya: ya beli online aja mas gak usah disini, saya: buset dah nih orang mau dilarisin jualannya malah kayak gini...dalam ati saya, yaudah pasnya berapa kurang dikit, saya kesini juga bagi-bagi rejeki juga, mosok cuman online saja saya belinya. Si ibu tetep kekeh dengan harga semula tanpa bisa ditawar, si ibu: Oalah mas, yang tadi beli masnya hampir 450.000 aja gak nawar, masak masnya beli satu nawar terus. Saya : sumpah ni orang bikin saya emosi, dah Bu saya beli, mana liat barangnya? Si ibu : duitnya dulu mana? Nanti plastik dibuka gak jadi beli....saya: buset dah, saya langsung keluarin duit kasih si ibu, si ibu langsung beri itu barang, meski setelah saya cek, barang KW ini jauh dari sama yang ori, tapi terpaksa saya ambil...saya langsung ambil barangnya dan tinggalin plastik ditempat, si ibu : plastiknya gak dibawa sekalian? Saya: buat ibu aja, sambil saya taruh ditas kresek, sambil jengkel....
Pengalaman saya ini jadi pembelajaran, kenapa model penjual yang tak ramah dan barangnya mahal tetap saya beli, kenapa tidak ditinggal langsung saja, satu supaya para penjual tradisional masih bisa bertahan dan bisa berjualan, kedua saya beli barangnya dan besoknya saya kapok beli langsung begitu, mending beli online saja, sudah murah plus ongkir tidak perlu debat kusir yang pasti mematikan pasaran dan rejeki mereka sendiri, buat penjualnya ibu kemarin jangan sombong dan sok kalo barangnya ada dan laku, ingat roda itu berputar, sekarang laku besok belum tentu laku..... hati-hati