Wednesday, March 4, 2020

Soul-GT Macet Dadakan | Coba Cek Bagian Ini Gaes

Kembali membagi pengalaman tentang motor kesayangan saya Yamaha Soul-GT yang masih setia menemani selama 8 tahun ini, kejadian ini saya alami belakangan ini diakhir bulan Februari 2020 kalau tidak salah, kebetulan saya habis dari kantor pos pusat di km 0, dan lanjut perjalanan ke kantor pos pengolahan di Jl. Pelemburan, belum sampai lokasi motor saya tiba-tiba mati di perempatan ke arah Samsat pusat Yogyakarta, entah kenapa tiba-tiba motor saya mati. Lanjut motor saya pinggirkan biar tidak menggangu pengguna jalan lainnya, sudah saya pakai beberapa cara dari putar kontak selama 3 kali, saya starter dengan kaki.... tetap juga mesin gak mau hidup, hanya tunggu beberapa menit mesin hidup kembali dan lanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya.



Nah ternyata macet tidak hanya sekali saja, saya mengalami kejadian kedua kalinya tepat di lampu lalin depan pasar Sentul, duh macet lagi.....otomatis nuntun lagi kepinggir, pola hampir sama.....saya putar kunci on off beberapa kali dan dilanjut saya selah stater kakinya, jika los kompresi pastinya.....ketika distarter lewat kaki, mesin terasa loss, nah ini tidak.....lanjut saya pakai starter dengan tangan dan saya putar gas agak dalam.....dan motor langsung nyala....
Analisa saya, bisa jadi injeksi kotor jadinya susah untuk menyala mesin motornya, supaya tidak galau lagi.....saya lanjut ambil tindakan dengan membeli carbon cleaner dan busi di beres Yamaha.

Lanjut saya pasang sendiri untuk busi, dan lanjut isi carbon cleaner ke tong bensin, isi tangki bensin gak terlalu penuh, mungkin sisa 1,5 liter saja. Biasanya aturan penggunaan carbon cleaner adalah 1 botol untuk 5 liter, disini bensin tidak saya penuhin biar carbon cleaner volumenya bisa lebih banyak. Nah setelah penggantian busi baru dan pemakaian carbon cleaner motor saya kembali normal lagi, dan satu lagi, motor jadi lebih irit..... teman-teman bisa coba cara saya ini.... belum tentu motor tiba-tiba macet karena los kompresi, coba cek dulu bagian busi kalau bisa ganti jika busi sudah lama....karena gara-gara busi motor bisa mudah macet dan boros bensinnya, hal penting lainnya jangan lupa karbon cleaner....karena konsumsi Yamaha Soul-GT ada di CR9 yaitu petralite..... dianjurkan menggunakan karbon cleaner biar kerak bisa terbuang.... 

No comments:

Post a Comment