Monday, October 5, 2020

Motovlog dengan action camera tersembunyi

Kesempatan memberikan ulasan buat teman-teman khususnya yang hobi dalam riding kendaraan roda dua, tampaknya gak afdol kalau saya gak bahas ini tema, selain riding biasanya teman-teman mengabadikan moment dengan menggunakan action camera disaat berkendara, apakah yang dirasakan sudah tepat dalam mendokumentasikan setiap kejadian selama berkendara, apakah ada yang kurang, sebenarnya dalam penggunaan action camera adalah cuman letak posisi camera tersebut diletakkan, bisa dimana saja, yang penting gambar dan suara jelas tertangkap. 


Nah dikesempatan ini saya mau bahas disisi saya, selama menggunakan action camera
menurut pengalaman dan pengamatan saya, satu yang jelas untuk action camera adalah posisi penempatan camera, biasanya disesuaikan sesuai keinginan kita sendiri, bisa dimana saja, kalau saya lebih prefer pasang di Helm, kenapa? Yang jelas jika kita pasang action camera di Helm, Camera bisa berputar sesuai keinginan kita, karena Camera mengikuti pergerakan kepala dan helm, pastinya gambar bisa lebih dinamis dan tidak monoton yang hanya menghadap satu arah saja, itu terserah teman-teman mau pasangnya dimana juga boleh.

Meski action camera dipasang di Helm masih ada kekurangan menurut saya, satu yang jelas mounting Camera yang menurut saya terlalu menonjol dan jujur saja, setiap saya pakai action cam pake helm, hampir 80% orang sekitar melihat penampilan saya, padahal action camera sudah saya mounting tepat di moncong helm, disini saya gunakan helm full face ya, dan jujur saja.... saya jadi pusat perhatian, apalagi bocil-bocil......alamak, kelemahan mounting didepan Moncong helm adalah, jadi pusat perhatian dan yang kedua suara tidak terekam dengan jelas karena action camera tercover oleh casing, entah kenapa suara gak jelas bahkan tidak ada, ini yang rusak action camera nya atau gara-gara tercover case.

Dari kendala diatas, saya putuskan untuk menyembunyikan action camera tanpa terlihat oleh orang sekitar, dengan cara memodifikasi helmnya langsung. Untuk helm yang saya ubah adalah helm bogo Cross trail, bentuknya jenis helm bogo tapi disini ada tambahan Moncong, jadinya justru berbentuk helm Cakil, untuk gubahan saya bolong bagian moncong depan helm dan saya beri spons ati, spon ati lanjut saya double tape dan dilem tembak, untuk posisi menempelkan action camera, cukup spon ati  saya lubangi sesuai ukuran lensa action camera, untuk memperkuat supaya Camera tidak jatuh, saya tambah lagi dengan karet untuk mengikat action camera nya, untuk penampilan seperti ini brader.



Kelebihan hiden Action Camera :

1. Camera tersembunyi, sehingga tidak menarik banyak perhatian orang sekitar ketika melakukan Motovlog.
2. Suara tambah jelas, karena casing luar dibuka dan mic speaker dekat dengan mulut.
3. Tidak perlu pakai mounting lagi.

Kekurangan :

1. Mengurangi kenyamanan, karena jarak kamera dan mulut hanya beberapa centi saja
2. Yang jelas tidak anti air, karena case luar dicopot

Lebih jelasnya bisa liat divideo berikut ini beserta hasil rekam Motovlog nya:



No comments:

Post a Comment