Wednesday, November 25, 2020

Jadi Kontributor di Shutterstock Contributor | #bagi_pengalaman

 Dikesempatan ini, saya mau ulas tentang bagaimana cara jual foto ke internet, dan yang mau saya sorot adalah Shutterstock salah satunya, disini teman-teman bisa jual foto via internet, daripada punya foto dihp menuh-menuhin memori, sapa tau bisa dijual, iseng-iseng berhadiah deh 😂. Oke, sebelum ke pembahasan apa yang perlu dipersiapkan, satu yang jelas teman-teman harus punya akun di Shutterstock ini, saya saranin download saja aplikasinya di google playstore, namanya adalah Shutterstock contributor, setelah diinstal teman-teman daftar lewat email ya, baru upload fotonya deh.

Download yang ini ya

Nah selang beberapa waktu, saya coba upload foto dan ada waktu untuk review, dari 8 foto yang saya upload ternyata hasil review adalah not approved, disini ada penjelasannya kenapa foto saya ditolak, untuk beberapa penampakannya bisa cek gambar dibawah ini, cekibrot....


Dari hasil upload banyak sekali syarat yang tak dipenuhi dari exposure, focus, noise/film grain dan title/keyword trademark; waduh busyet banyak banget kurangnya, dijelaskan bahwa tiap kekurangan dijabarkan meski pakai bahasa Inggris. Lanjut gambar kedua


Difoto kedua hasilnya not approved juga, tapi disini kekurangan lebih sedikit, untuk kurangnya hasilnya kurang lebih sama, yaitu exposure dan noise/ film grain, lanjut foto ketiga...



Difoto ketiga sama saja ditolak, dan alasannya adalah focus, entah kenapa kok susah banget ya bisa approved nya, lanjut foto ke empat....






Difoto keempat sama saja ditolak, dan alasan berbeda disini, penyebabnya adalah compression artifacts, entah mau bagaimana lagi, meski sudah saya edit ternyata hasilnya juga ditolak, apakah saya berhenti disini? Tentu tidak, dari 8 foto yang saya upload ternyata ada yang lolos meski cuman 2 biji, lumayanlah 😁. Mungkin sekian dulu penjelasan sedikit dari saya, untuk lebihnya nanti saya upload kembali dibagian kedua...

No comments:

Post a Comment