Thursday, February 29, 2024

Pengembalian Dana dan Barang di Shopee: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Bagi pengalaman yang fresh banget, untuk kejadian hanya beberapa hari dari artikel ini dibuat, permasalahan timbul setelah paket datang dan setelah dilakukan pengecekan dengan cara unboxing sambil direkam, bisa ditebak kan? Yup disini mimin melakukan pembelian barang secara online dengan metode pembayaran COD, nah setelah proses unboxing berlangsung ternyata ada barang yang kurang alias tidak dikirim, lanjut mimin chat penjualan bahwa barang ada yang tidak ikut dikirim, padahal disitu mimin juga kirim video unboxing, dan jawaban si penjual bahwa paket sudah dikirim, alamak! Betul dah dikirim tapi ada yang kurang brok! Lanjut karena respon kurang akhirnya mimin chat CS shopee, disini disarankan melakukan pengembalian dana meski hanya 1 barang saja, yup singkat cerita melakukan anjuran tersebut, dari 4 item hanya 1 saja yang tidak dikirim, dan disini ternyata terbukti bisa, cuman 1 item saja pengembalian dana bisa dicairkan, dan hanya memakan waktu kurang lebih 4-5 jam, jadi buat temen-temen yang pembeliannya tidak sesuai bisa dikembalikan kok sekarang, caranya juga mudah gak ribet asal ada bukti ya, nah pesan mimin tiap unboxing direkam ya, supaya bisa jadi barang bukti buat nge klaim nantinya.



Dari pengalaman diatas mimin tidak menjelaskan detail cara awal dana dikembalikan, tapi disini mimin berikan penjelasan mengenai program baru shopee yaitu garansi bebas pengembalian, nah bisa cek ya penjelasan dibawah:

Shopee adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dengan harga terjangkau dan layanan pengiriman yang cepat. Namun, tidak semua transaksi di Shopee berjalan lancar. Ada kalanya Anda menerima paket yang tidak sesuai dengan pesanan, misalnya ada barang yang kurang, salah, rusak, atau tidak dikirim sama sekali. Dalam situasi seperti ini, Anda berhak untuk mengajukan pengembalian dana dan barang di Shopee.

Pengembalian dana dan barang di Shopee adalah proses di mana Anda dapat meminta uang Anda kembali dan/atau mengembalikan barang yang Anda terima kepada penjual. Proses ini dilindungi oleh Garansi Shopee, yaitu layanan yang disediakan oleh Shopee untuk membantu Anda menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi selama transaksi. Anda dapat mengajukan pengembalian dana dan barang di Shopee sebelum masa garansi berakhir, yaitu 3 hari setelah Anda mengonfirmasi penerimaan barang atau 7 hari setelah barang dikirimkan oleh penjual.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan pengembalian dana dan barang di Shopee:

Buka aplikasi atau situs Shopee dan login dengan akun Anda.

Pilih menu Saya dan masuk ke halaman Pesanan Saya.

Pilih pesanan yang ingin Anda kembalikan dan klik tombol Ajukan Pengembalian.

Pilih alasan pengembalian, yaitu paket tidak sampai, barang salah, barang rusak, atau barang berbeda dengan deskripsi/foto.

Pilih jenis pengembalian, yaitu pengembalian barang dan dana atau pengembalian dana saja. Jika Anda memilih pengembalian barang dan dana, Anda harus mengembalikan barang yang Anda terima kepada penjual. Jika Anda memilih pengembalian dana saja, Anda tidak perlu mengembalikan barang, tetapi Anda harus memberikan bukti bahwa barang yang Anda terima tidak sesuai dengan pesanan, misalnya foto atau video.

Masukkan jumlah dana yang ingin Anda kembalikan dan tambahkan catatan atau keterangan jika perlu.

Klik tombol Kirim dan tunggu respon dari penjual. Anda dapat melihat status pengembalian Anda di halaman Pengembalian Saya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses pengembalian dana dan barang di Shopee, yaitu:

Anda harus merespon pengajuan pengembalian dalam waktu 3 hari kalender. Jika tidak, pengajuan Anda akan dibatalkan dan dana akan dilepaskan kepada penjual.

Jika penjual menyetujui pengembalian barang dan dana, Anda harus mengirimkan barang kembali dalam waktu 5 hari kalender. Jika tidak, pengajuan Anda akan dibatalkan dan dana akan dilepaskan kepada penjual.

Jika penjual menolak pengembalian barang dan dana, Anda dapat mengajukan bantuan ke Shopee. Shopee akan meninjau kasus Anda dan membuat keputusan akhir.

Jika Anda mengajukan pengembalian dana saja, Anda tidak dapat mengubahnya menjadi pengembalian barang dan dana. Sebaliknya, jika Anda mengajukan pengembalian barang dan dana, Anda dapat mengubahnya menjadi pengembalian dana saja sebelum Anda mengirimkan barang kembali.

Jika Anda membeli barang dari penjual Shopee Mall, Anda tidak perlu menunggu respon dari penjual. Pengembalian barang dan dana Anda akan langsung ditinjau oleh tim Shopee.

Jika Anda membeli barang yang termasuk dalam Garansi Bebas Pengembalian, Anda dapat mengajukan pengembalian barang dan dana karena alasan apapun, termasuk perubahan pikiran. Anda dapat melihat daftar produk yang termasuk dalam Garansi Bebas Pengembalian di situs atau aplikasi Shopee.

Demikian artikel yang membahas pengembalian dana dan barang di Shopee. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam berbelanja online di Shopee. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masalah lain seputar Shopee, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan Shopee di sini atau melalui aplikasi Shopee. Selamat berbelanja!

Bisa cek juga divideo YouTube Mimin dibawah ini:


#Part2




No comments:

Post a Comment