Thursday, January 9, 2020

Rubah reflektor Soul-GT menjadi reflektor burung Hantu

Untuk reflektor Soul-GT yang dirubah dengan Reflektor Jupiter Z khususnya lampu model burung hantu sudah ada yang buat, bahkan ada yang jual.... kebetulan saya punya reflektor satu set milik Yamaha Soul-GT ori lagi, sudah lama saya simpan karena mika pecah akibat kecelakaan tunggal terpaksa ganti satu set full.
Daripada hanya disimpan saja, rencana mau saya modifikasi khususnya reflektor dirubah dengan menggunakan reflektor jupiter z Burhan, apa yang perlu dipersiapkan? Pastinya dudukan lampu Soul-GT, disini mika sudah saya copot, reflektor asli juga...lanjut reflektor Yamaha Jupiter Z Burhan.



Setelah 2 item siap, lanjut proses pemotongan bagian sisi kanan kiri reflektor Jupiter Z Burhan, karena yang dipakai reflektor utamanya saja. Untuk harga reflektor Jupiter Z Burhan saya kena harga Rp.70.000,- belum termasuk ongkir, total kisaran Rp. 82.000,- lebih, mungkin kalau hunting bisa dapat lebih harga murah lagi, syukur-syukur dapat yang ori bukan yang KW. Setelah proses pemotongan dan pencoakan penampakan reflektor menjadi seperti ini :



Lanjut melubangi dudukan reflektor Soul-GT, disini saya gerinda bagian plastik belakang, untuk bagian sudut yang tak terjangkau bisa dilubangi menggunakan solder atau pisau yang dipanaskan, kurang lebihnya bisa dilihat di foto ini :



Tahap selanjutnya menggabungkan kedua reflektor ini, perlu konsentrasi supaya reflektor bisa presisi dan pas, cara pemasangan gampang-gampang susah.....pastikan reflektor burhan jangan menengadah terlalu keatas, pastikan sorotan kedepan dan mika bisa dipasang pas dengan reflektornya, jika sudah oke lanjut proses pengeleman, disini saya pakai lem besi yang pastinya lebih kuat dan kokoh, lem di bagian sisi yang saling menempel, lem bagian luar dan dalam.



Tunggu sampai lem mengering, proses selanjutnya adalah penambalan bagian reflektor yang berongga dan berlubang, disini saya akalin dengan menggunakan mat fiberglass dan pengikatnya menggunakan lem G atau lem Korea, tujuan penambalan supaya angin dan air tidak masuk ke reflektor, pastinya tidak ada embun didalam mikanya.




Jika sudah oke semua tinggal mika dipasang kembali, karena mika belum beli baru....jadinya masih pake yang lama, berikut penampakannya masbro :








Videonya bisa cek disini :





Yang punya Soul-I, Ego S juga bisa gabung kok.... sama-sama pemilik Soul-GT tapi cuma beda negara saja.... hehehe

2 comments:

  1. bs pesen buatkan tidak? 085758198166 wa saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf masbro buat pribadi, coba hunting toko online, kayaknya ada yang jual..

      Delete