Thursday, April 12, 2018

Cara Setting Stop kontak Timer LCD

Kegunaan stop kontak timer ini untuk mengatur waktu yang diperlukan semau kita dalam penggunaan listrik,  bisa dilakukan berkala dan otomatis....jadi kalau kita lupa menyalakan atau mematikan dengan stop kontak ini masalah tersebut bisa teratasi apalagi yang suka pelupa atau sudah pikun...kegunaan alat ini contohnya seperti menyalakan lampu secara otomatis ketika kita tidak dirumah, untuk charger Baterry ponsel, charger sepeda/ motor listrik...nah disini kita bisa atur waktunya lho...bagaimana caranya? oke disini saya mau beritahu caranya dari mulai awal sampai akhir, dari A sampai Z dan dari alfa sampai omega....weits...😁😀😂
Perlu diketahui,  untuk stop kontak timer lcd yang saya contohkan bentuknya seperti ini ya :



1. Pertama lihat dulu waktu yang ada di lcd stop kontaknya,  kalo waktunya sudah tepat bisa lanjut ketahap berikutnya. jika belum berikut cara set nya:


•Set Harinya :
Tekan tombol CLOCK dan ditahan jangan dilepas, jika harinya tidak sesuai,  tekan tombol WEEK dan disesuaikan. disini hari bertuliskan bahasa Inggris dan disingkat

•Set Jamnya :
Tekan tombol CLOCK dan ditahan jangan dilepas,  Jika jam tidak sesuai,  tekan tombol HOUR dan sesuaikan Jamnya. Untuk jam berformat 24 jam ya

•Set Menitnya :
Tekan tombol CLOCK dan ditahan jangan dilepas,  jika menit tidak sesuai,  tekan tombol MIN dan sesuaikan menitnya.

Jika Jam/Clock sudah sesuai lanjut ketahap selanjutnya,  yaitu setting programnya. Disini setting progam adalah inti dari fungsi alat inj dengan mengatur waktu nyala dan matinya. berikut cara pengaturannya :

1. Tekan tombol PROG, jika tekan tombol ini akan muncul ditampilan LCD dengan tulisan Prog 1 ON,  tekan lagi Prog 1 OFF,  tekan lagi Prog 2 ON,  tekan lagi Prog 2 OFF dan begitu terus lanjutannya jika dilakukan penekanan tombol PROG berulang kali.
Nah disini dijelaskan bahwa program bisa dilakukan berulangkali dengan analogi disatu progam ada waktu ON sama OFF, contoh PROG 1 ON jam,  OFF Jam format waktu 24 jam ya. berikut cara set untuk 1 programnya :
•Tekan Tombol PROG
muncul ditampilan LCD PROG 1 ON
disini ON untuk waktu tersambung listriknya, lanjut tekan tombol HOUR atau set jam dalam format 24 jam. contoh kita ambil jam ON pukul 17,  lanjut untuk menit kita tekan tombol MIN atau menitnya, contoh kita ambil 30,  jadinya ditampilan lcd untuk PROG 1 ON 17:30, cara bacanya program 1 ON(tersambung) pukul 17:30.
•Tekan Tombol PROG dua kali
sehingga muncul ditampilan LCD PROG 1 OFF, disini OFF untuk waktu terputusnya listrik, dilanjut tekan tombol HOUR atau set jam dalam format 24 jam. contoh kita ambil jam OFF pukul 05, lanjut untuk menit kita tekan tombol MIN atau menitnya,  contoh kita ambil 45, jadinya ditampilan lcd untuk PROG 1 OFF 05:45,  cara bacanya progaram 1 OFF(terputus) pukul 05:45.
Nah untuk satu program sudah berhasil diatur dan dilanjut tekan tombol bulat yang paling besar (ON/AUTO/OFF) dengan ditekan berapa kali sampai muncul ditampilan lcd bertuliskan auto ya.
Jadi bisa disimpulkan untuk program 1 waktu on dipukul 17:30 dan off dipukul 05:45 secara automatis. Disini brosis sudah mudengkan?! jika mau buat program lagi atau lebih dari satu program brosis bisa kok...tinggal tekan tombol PROG lagi...bisa diset di PROG 2,  PROG 3,  PROG 4...Dst....asal perlu digaris bawahi waktu set dalam 1 program ada waktu ON dan OFF ya...

Oh iya di stop kontak masih ada satu tombol lagi yaitu tombol R/RECALL,  apa kegunaan tombol ini? tombol ini digunakan untuk mereset atau menghilangkan setingan program brosis.
contoh: PROG 1 dilanjut tekan tombol R/RECALL maka waktu ON dan OFF otomatis hilang atau terkena reset...disini kita tinggal seting ulang lagi..
Oke sekian dulu untuk ulasan stop kontak timer LCD otomatis,  semoga coretan ini membantu brosis ya....✋✋✋













No comments:

Post a Comment