Wednesday, April 11, 2018

Evolusi Motor Matik si Motor Rakyat

Berikut evolusi motor matik lokal dari mulai generasi pertama dilanjut perubahan bentuk, mesin bahkan nama yang berubah... 😎😎😎

Evolusi Nouvo
Yamaha Nouvo,  skutik matik yang muncul disela motor bebek yang pada kala itu masih digandrungi. Evolusi matik ini berubah disisi lampu depannya dan nouvo menjadi nouvo z...sepertinya skutik ini didiscontinue dan digeser dengan mio yang menjadi skutik nasional


Evolusi Mio
Mio sang legenda,  pantas ditujukan untuk motor matik ini...kenapa? Karena diawal munculnya motor ini sudah menjadi motor sejuta umat pada jamannya...nah disini Yamaha mulai menguasai khususnya segmen motor matik dan berjaya...sampai- sampai menggeser animo motor bebek yang sebelumnya umum digunakan oleh masyarakat,  meski boros bbm tapi untuk ketahanan mesin bisa saya acungin jempol, dan disini masih menggunakan karburator hingga ke mio sporty atau banyak menyebut mio smile. Dilanjut ke mio J pelopor motor matik injeksi,  disini Yamaha menyematkan sistem injeksi YMJET-FI (YAMAHA MIXTURE JET FULL INJECTION) sebagai pengganti karburasi..dan dipastikan lebih irit 40% dan terbukti lebih irit...nah evolusi disini mio-j paling cepat perubahannya,  mungkin karena persaingan ketat dengan matik lainnya...sebut saja evolusi setelah mio-j adalah mio-GT..dan jaraknya gak gitu berjauhan. Setelah era YMJET-FI dengan 110 cc,  Yamaha melanjutkan evolusi...dan disini tidak tanggung-tanggung, sehingga tercipta filosofi Bluecore konon istilah ini bukan teknologi melainkan istilah penyempurnaan dari seri sebelumnya dari perubahan cc lebih besar ke 125 cc, sistem injeksinya juga disempurnakan, bahkan bentuk lampu berpindah ke tameng depan body...sebut saja mio-m3, mio-z dan terakhir mio-s...semakin ke belakang kesini makin tambah fitur-fitur yang ditambahkan.


Evolusi Soul
Bermula dengan nama mio soul,  mungkin karena bebarengan dengan si kakak mio dan basis mesin yang sama pula maka nama mio masih melekat dimotor ini. Berselang waktu nama mio dihilangkan dan menjadi Soul-Gt, dan arti GT disini adalah Gentle Through ditujukan khusus pria...motor kok bergender 😀😁,  meski begitu matik ini masih menggunakan basis mesin yang sama dengan mio-j. Kalau menurut saya untuk seri motor ini bentuk desainnya oke banget..saya jatuh cinta dari bentuk lampunya yang konon mengusung dari mobil Chevrolet camaro dan yang terpenting sudah injeksi YMJET-FI (YAMAHA MIXTURE JET FULL INJECTION) sama seangkatan dengan si kakaknya mio-J...disini awal mula matik yamaha menggunakan injeksi....satu lagi yang masih saya tanyakan untuk logo emblem Yamaha tidak ada dimotor ini, entah kenapa...denger-denger juga yang desain dari lokal aka dalam negeri untuk membuat desainnya...dan untuk desain ada yang diadopsi dari yamaha majesty seperti jok motornya, pokoknya salut lah untuk desainnya. Evolusi selanjutnya si soul-gt berubah menjadi all new soul-gt 125 cc bluecore...perubahan total dibody,  mesin basis mio-m3...(biasa seangkatan) ban tapak lebar dan gambot, lampu depan dah led...


Evolusi Xeon
Evolusi Xeon yang dulunya sudah ber cc 125 dan masih menggunakan karburator yang membedakan untuk sistem pendingin bukan kipas pada umumnya matik yamaha,  disini sudah menggunakan radiator atau pendingin pakai air. Dilanjut Xeon RC evolusi sama seangkatan dengan mio-j dkk yang menyematkan sistem injeksi,  yang keren disini knalpotnya mirip kaya punyanya T-max dan desain lampu konon mengadopsi dari pesawat siluman F117..nah untuk evolusi xeon RC juga termasuk cepet, senasib dengan mio-j ke mio-gt...dan Xeon RC berubah ke Xeon GT 125 Eagle eye....nahloh.....yang buat saya bertanya,  bentuknya malah menjadi si soul-gt...cuman tambah cc, perubahan terlihat di bagian depan lampu khususnya..plus tambah sirip disampingnya...konon khusus seri ini juga mengadopsi bentuk lampu Chevrolet Camaro seri ZL1


Evolusi Fino
Fino  mengalami evolusi juga,  meski tetap mempertahankan ciri klasiknya yang tak mungkin dilepaskan. Yang sebelumnya masih karburator sekarang sudah injeksi serta yang terbaru banyak fitur yang disematkan untuk motor bergenre klasik ini.


Evolusi X-ride
Si motor matik adventure,  Yamaha X-ride motor seangkatan mio-j dkk dan dipastikan basis mesin sama...hanya ganti baju 😀😁😂 entah kenapa Yamaha rajin banget ganti bajunya. Disini bentuknya anti main stream,  unik....konon dipakai untuk 2 alam...bisa buat ngetrail, yang dipastikan shock belakang lebih baik dari saudaranya yang terbilang keras dan ban sudah bertapak lebar untuk pelek nya....lanjut evolusi menjadi all new x-ride 125 cc bluecore, dan rombak total dari mesin sampe berubah bentuk....hmmm...kalau yang baru malah kesan trailnya malah diilangin.....


Evolusi Aerox
Lanjut si Aerox 125, untuk stang dan speedometer sama persis dengan milik x-ride...stang naked...dan evolusinya sangat exstrim malah cendrung ke skutik maxi...yaitu aerox 150 cc..julukan maxi sport dan base mesin milik n-max....evolusi insane....



Evolusi Beat
Honda Beat, dan ini motor penggeser motor matik Yamaha mio...dimulai masuknya sistem injeksi untuk motor matik, honda beat FI yang menggerus bahkan merajai untuk menjadi motor rakyat...evolusi dari beat karbu ke beat FI sangat menohok sekali dari sisi penjualannya,  injeksi Honda Pgmfi berhasil disini...untuk beat versi FI didampingi beat pop perubahan dibentuknya dari lampu dan body..nah evolusi sukses dilanjutkan ke all new beat dan beat street....evolusi bentuk berubah total jadi lebih ramping dan yang keren untuk versi beat street disisi sektor stang dibuat naked dan speedometer full digital....nah sampe sekarang beat masih menjadi juara motor matik

Evolusi Vario
Evolusi vario bermula dari yang berkarburasi sampai ke injeksi,  disini vario paling rajin berbenah...semakin kebelakang bentuknya semakin ganteng...dan sampai ke mesin ke 150cc...alamak mantep tenan....dan vario sama larisnya dengan beat...mereka adalah raja.....dan dari all series...vario keluaran terbaru yang paling ganteng....disini saya tidak bisa berkata lagi...good job


Evolusi Scoopy
Honda scoopy untuk evolusi  dari sisi fitur selalu terupdate, karena masih mempertahankan dari sisi klasiknya yang retro dan vintage maka wujud tidak terlalu mengalami perubahan. Untuk scoopy terbaru disematkan ban yang gambot milik vespa jadi skutik ini terlihat lebih tangguh.

Jika ada yang tidak muncul, berarti matik tersebut tidak ber evolusi atau sudah di discontinue...tebak matik mana yang banyak berevolusi

No comments:

Post a Comment